Minggu, 11 Mei 2014

SAKIT STRUK / STROKE PENYEBABNYA

Penyakit Stroke adalah merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Menurut beberapa sumber, Stroke merupakan satu diantara 10 penyakit yang paing banyak merenggut nyawa.
Stroke merupakan penyakit yang menyerang fungsi organ tubuh. Dimana pada saat penyakit ini menyerang organ tubuh akan Mati fungsi, Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Presentasi paling banyak adalah para kaum lanjut usia. Tapi bukan berarti Anak muda tidak bisa terkena penyakit yang satu ini. Adapula (banyak) para anak muda yang terkenal stroke yang disebabkan Serangan jantung mendadak.
Penyebab Stroke
Penyebab stroke sendiri hingga saat ini terdapat beberapa spekulasi. Mulai dara gaya hidup, hingga makanan. Oleh karena kita Harus waspada apa saja penyebab stroke yang dapat timbul pada kita.
Lalu Apa Sebenarnya Penyebab Penyakit Stroke?
1. Kebiasaan Bangun Tidur
Pada umunya setiap orang bangn tidur langsung menuju kamar mandi. Hingga akhirnya melupakan apakah organ-organ tubuhnya sudah siap untuk bergerak atau belum. Padahal organ tubuh ketika tidur juga istirahat dalam arti mati sesaat. Untuk itu perlu dibangunkan dengan menerapkan 3 hal 3 menit. menit pertama membuka mata dan berdiam diri. Menit kedua mengerjap-erjapkan mata. Menit ketiga duduk di tepi tempat tidur kemudian baru berjalan.
2. Pola Hidup
Polo hidup seseorang mempengaruhi berbagai hal yang terjadi dalam dunia kesehatannya. Jika pola hidup sehat maka akan sehat. Namun jika pola hidup yang makannya kurang sehat(fast food,minyak,kolesterol tinggi), kurang olahraga, cepat marah berpeluang besar menimbulkan stroke.
3. Obesitas
Kegemukan juga berpeluang menyebabkan stroke. Hal ini dikarenakan lemak yang menimbun yang menyebabkan malas Beraktifitas namun memiliki porsi makan yang besar.
4. Riwayat Kesehatan
Perlu diperhatikan riwayat kesehatan diri dan sisilah keluarga. Karena ada beberapa penyakit yang bersifat menurun ke Keturunannya. Penyakit yang perlu diwaspadai dan dapat menyebabkan stroke adalah hipertensi, gangguan jantung,kolesterol Tinggi dan asteriosklerosis(pengerasan pembuluh darah).
5. Usia
Dari berbagai penelitian, Diketahui bahwa suai semakin tua semakin besar pula risiko terkena stroke. Hal ini berkaitan dengan Proses degenerasi (penuaan) yang terjadi secara alamiah. pada orang-orang lanjut usia, pembuluh darah lebih kaku karena adanya Plak.
6. Jenis kelamin
Laki-laki memiliki risiko lebih besar untuk terkena stroke dibanding perempuan. Hal ini mungkin terkait bahwa laki-laki Cenderung merokok. Rokok, dapat merusak lapisan dari pembuluh darah tubuh.
7. Herediter
Terkait dengan riwayat stroke di keluarga, orang dengan riwayat stroke pada keluarga memiliki risiko yang lebih besar untuk Terkena penyakit stroke dibanding orang yang tanpa riwayat stroke pada keluarganya.
8. Ras atau Etnis
Dari berbagai penelitian, ditemukan bahwa ras kulit putih memiliki peluang yang lebih besar untuk terkena stroke dibanding ras Kulit hitam.
Itulah Penyebab Penyakit Stroke yang patut kita waspadai agar stroke tak menyerang tubuh. Dan selebihnya pola hidup sehat Patut kita Terapkan agar segala penyakit tidak menyerang. Dan waspadai Penyebabnya jauhi penyakitnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar